Jumat, 10 Februari 2012

Untuk negeri...
Seorang raja sedang mencari putra mahkota, ia mengutus 3 anaknya untuk dites. "Pergilah anakku, lakukanlah tindakan yang paling jauh terdengar dan juga paling lama dikenang orang." Pergilah mereka bertiga ke penjuru negeri.
Tiga tahun kemudian, mereka kembali dan ditanya oleh ayahnya. Anak pertama bercerita:"aku pergi keperbatasan, disana aku menjadi kesatria, aku banyak merebut wilayah dan membebaskan banyak desa dari perampok, kesatrialah tindakan yang paling jauh terdengar dan lama dikenang.
Anak kedua bercerita:"Aku pergi berdagang ke negeri yang jauh aku banyak keuntungan dan aku menjadi kaya, banyak orang yang kagum kekayaanku, dan hartaku. menjadi kaya adalah tindakan yang paling jauh terdengar dan paling lama dikenang."
anak ketiga :"Ayah aku tidak melakukan apa-apa aku hanya ingin semua orang sehat, aku berguru pada seorang tabib dan seorang guru bijak, aku belajar menolong orang lain dengan apa yang aku bisa lakukan, banyak orang datang kepadaku minta nasehat dan kata bijak untuk membangun hidup mereka dan ketentraman, serta hidup damai. Terus terang aku tidak tahu tindakan yang paling jauh dan lama dikenang orang, yang aku lakukan aku ingin menolong orang lain. ijinkanlah aku mengundurkan diri dari pencalonan putra mahkota."
Kata Raja itu:"Terus terang aku tidak tahu, karena kalian melakukan yang terbaik, karena semuanya berguna bagi kerajaan ini. kalian sendirilah yang bisa mutusan siapa yang layak jadi raja." 
"Kalau begitu ayah ijinkanlah kami berembug untuk mengambil keputusan": kata Anak pertama. Beberapa waktu kemudian berbicaralah anak pertama :" kesepakatan kami, anak ketiga yang menjadi raja, negeri ini butuh raja memerintah yang bijaksana dan aku dan adikku akan membantu, aku panglima yang melindungi kerajaan ini dan adikku akan menjadi bendahara kerajaan mengatur keuangan kerajaan."
Raja tersenyum:"Anakku sungguh bijaksana pemikiranmu, aku terima, kerajaan tidak akan kuat jika seorang diri dan tirani, kebijaksanaan adalah yang utama mensejahterakan yang lemah dan berbudi pekerti serta memiliki moralitas yang baik, disisi lain juga perlu pertahanan yang kuat agar selalu aman dan damai, juga keuangan yang kuat mendukung kesejahteraan rakyat, kalian harus bersatu, satu dari kalian membelot kerajaan akan hancur camkanlah itu."
Maka negeri itu menjadi aman, makmur dan sejahtera.Memiliki budipekerti yang luhur, memiliki moralitas yang tinggi dan suka bekerja keras.

Bagaimana dengan negeri kita, tanyalah pada dirimu sendiri?

Tidak ada komentar:

Posting Komentar